Bill Gates Janji Gratiskan Software Untuk Sekolah 2009, Asal …

Kamis, 8 Mei 2008 - 20:36 wib

Muhammad Hasits - Okezone

AKARTA - Pembicaraan hangat antara Bill Gates dan Presiden SBY dipaparkan dalam keterangan pers yang dilangsungkan sesaat setelah pertemuan tersebut di Kantor Presiden, Kamis (8/5/2008).

Poin pertama lebih kepada penjelasan mengenai pemilihan Indonesia sebagai tempat untuk mengadakan Goverment Leaders Forum untuk wilayah Asia Pasifik. Sedangkan sisa waktu pertemuan digunakan untuk membahas lebih lanjut tentang perkembangan kerja sama IT untuk bidang pendidikan.

"Salah satu rencana Bill Gates adalah membangun empat buah Microsoft research Center di perguruan tinggi di Indonesia yaitu UI, ITB, ITS dan UGM. Selain itu juga akan expand ke universitas lain di Indonesia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh. 

Kerja sama Microsoft dengan pemerintah Indonesia dalam bidang pendidikan sudah lama dicetuskan sejak kunjungan Presiden SBY ke Microsoft 3 tahun lalu. Saat itu Bill Gates menyokong adanya jaringan pendidikan berbasis internet dan melakukan pelatihan dan pendidikan IT untuk guru-guru sekolah di Indonesia.

Rencana tersebut akan berlanjut. Bill Gates berencana untuk menghibahkan software Microsoft ke sekolah-sekolah yang ada di Indonesia dengan syarat setiap sekolah harus memiliki laboratorium komputer lengkap dengan komputer murahnya. Menyanggupi hal ini pemerintah nantinya akan mengupayakan bentuk kerja sama dengan vendor komputer untuk menyediakan komputer murah dikisaran USD200.

"Microsoft hanya menyumbangkan softwarenya saja. Sedangkan untuk komputer murah, pemerintah akan bekerja sama dengan perusahaan hardware. Itu yang masih dipikirkan sehingga harus menunggu," ujar Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo.

Menurut Bambang banyak sekolah yang harus dilengkapi dengan laboratorium. Bahkan satu unit laboratorium di satu sekolah membutuhkan sekira 20 hingga 40 unit komputer. Saat ini dari 800 unit SMK baru 70 persen yang memiliki laboratorium komputer. Sedangkan dari 700 SMA, baru 40 persen yang memiliki lab. Begitu juga dengan 30.000 SMP di Indonesia, hanya 30 persen yang ber-lab. 

"Banyak sekali yang harus dilengkapi," tandas Bambang.

Rencana hibah software untuk sekolah ini kemungkinan akan berlangsung pada tahun 2009 seiring dengan kelengkapan laboratorium komputer di setiap sekolah di Indonesia.

"Tentunya software baru yang akan diperbantukan, bukan software usang. Nantinya tergantung Indonesia yang menyediakan komputernya,' pungkas Bambang. (srn)

Sumber : http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/05/08/55/107677/bill-gates-janji-gratiskan-software-untuk-sekolah-2009-asal



0 komentar:



Poskan Komentar

Leave a comment here...