11 Karakteristik Manajemen Sekolah

Karakteristik 1 : Perencanaan dan Pengembangan Sekolah
1. Perencanaan merupakan dasar bagi fungsi manajemen lain
2. Perencanaan merupakan pernyataan mengenai kehendak di masa depan yang ingin dicapai
3. Perencanaan meliputi jangka pendek, menengah dan panjang
4. Sekolah yang efektif memiliki rencana pengembangan sekolah yang disepakati bersama

Karakteristik 2: Iklim dan Budaya Sekolah
1. Penciptaan dan pemeliharaan iklim yang kondusif untuk belajar
2. Penciptaan norma dan kebiasaan yang positif
3. Penciptaan hubungan dan kerja sama yang harmonis yang didasari oleh sikap saling menghargai satu sama lain

Karakteristik 3: Harapan yang Tinggi untuk Berprestasi
1. Penciptaan etos positif yang dapat mendorong siswa berprestasi
2. Tanggung jawab yang tinggi bagi pembelajaran siswa,
3. Harapan yang tinggi akan pekerjaan yang berkualitas tinggi,
4. Pemberian perhatian pribadi kepada siswa perorangan.

Karakteristik 4: Pemantauan terhadap Kemajuan Siswa
1. Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa
2. Terdapat prosedur penilaian yang dilakukan secara terprogram (formatif dan sumatif)
3. Pemberian balikan yang segera kepada siswa

Karakteristik 5: Kepemimpinan Kepala Sekolah
1. Sejauhmana tanggung jawab kepemimpinan diambil alih atau didelegasikan oleh kepala sekolah
2. Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah berperan penting.
3. Pendekatan kepemimpinan partisipatif

Karakteristik 6: Pengembangan Guru dan Staf
1. Guru merupakan fasilitator pembelajaran yang perlu dijaga kualitasnya
2. Pengembangan profesional guru menentukan hasil pembelajaran
3. Perlu adanya program pengembangan guru dan staf

Karakteristik 7: Penguatan Kapasitas Siswa
1. Tujuan akhir program pembelajaran adalah pada peningkatan kemampuan siswa
2. Pemberian kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi dirinya
3. Penyediaan program dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar

Karakteristik 8: Keterlibatan Orangtua dan Masyarakat
1. Keterlibatan orangtua merupakan stimulus eksternal yang berperan penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran
2. Kerjasama orangtua dan sekolah dalam pemberian bimbingan belajar dan dalam menumbuhkan kedisiplinan kepada anak mereka

Karakteristik 9: Keterlibatan dan Tanggung Jawab Siswa
1. Pembelajaran hanya mungkin terjadi bilamana siswa mempunyai pandangan yang positif terhadap sekolahnya dan peranan mereka di dalamnya
2. Keterlibatan siswa menumbuhkan pada diri siswa rasa memiliki terhadap sekolah dan terhadap pembelajarannya sendiri

Karakteristik 10: Penghargaan dan Insentif
1. Pemberian penghargaan jauh lebih penting ketimbang menghukum atau menyalahkan siswa
2. Penghargaan dan insentif mendorong munculnya perilaku positif dan, dalam beberapa hal, mengubah perilaku siswa (dan juga guru).

Karakteristik 11: Tata tertib dan Kedisiplinan
1. Kesepakatan kepala sekolah dan guru terhadap kebijakan disiplin sekolah
2. Dukungan yang diberikan kepada guru bilamana mereka melaksanakan peraturan disiplin sekolah.

Sumber: Arismunandar. (2006). Sistem Manajemen Sekolah (Materi Pelatihan Pengawas Sekolah)
http://herryanto.com/index.php/pendidikan/39-artikel/49-11-karakteristik-manajemen-sekolah



0 komentar:



Posting Komentar

Leave a comment here...