Pendidikan Lalu Lintas Masuk Kurikulum Sekolah

Oleh : Rifnaldi 
14-Apr-2009, 02:59:38 WIB 

KabarIndonesia - Satuan Polisi Lalu Lintas Resor Kota Padang Panjang sepakat dengan Kepala Dinas Penddikan dan Kepala Kantor Depertemen Agama Padang Panjang tentang pendidikan kelalulintasan masuk kurikulum sekolah/madrasah.
”Karena hal ini merupakan langkah maju, dalam rangka mencegah, menangkal secara dini kecelakaan lalu lintas, khususnya bagi anak usia sekolah, karena prosentase keterlibatan anak sekolah dalam kecelakaan lalu lintas cukup signifikan,” ujar Wako Suir Syam dalam kata sambutannya, Kamis (5/2).  
Wako juga menjelaskan, ”Terobosan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tetang tertib lalu lintas, khusus bagi anak usia sekolah salah satunya adalah melalui pengintegrasian materi pendidikan lalu lintas dalam mata pelajaran yang relevan, materi pendidikan kelalulintasan menjadi salah satu kurikulum muatan lokal. Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Kapolres Kota Padang Panjang tahun 2007 tercatat sebanyak 73 kasus, korban meninggal 28 orang, luka berat 36 orang, luka ringan 108 orang, kerugian materi sebesar Rp, 123.350.000,-. Tahun 2008 kecelakaan lalu lintas sebanyak 90 kasus, korban meninggal 10 orang, luka berat 31 orang, luka ringan 104 orang, kerugian materi sebesar Rp, 147.650.000,-.  
Kapolres Kota Padang Panjang AKBP Wisnu Andayana, SSt, Mk dalam sambutannya menghimbau, ”Dengan sepenuh hati, mari kita wujudkan Kota Padang Panjang yang kita cintai ini sebagai kota tertib dan sopan dalam berlalu lintas,” serunya. Wisnu juga berharap, dengan terwujudnya kesepakatan bersama ini dapat kiranya ditindaklanjuti di masa yang akan datang oleh pihak-pihak yang terkait.  
Kesepakatan yang ditandatangani pihak pertama AKP Ari Yusman. TR, SK. Ajun Komisaris Polisi, selaku Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, phak kedua Drs. H. Ali Asmar, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan, Drs. H. Asra Faber selaku pihak ketiga dari Kepala Kantor Depertemen Agama di saksikan Kapolres Kota Padang Panjang AKBP Wisnu Andayana, SSt,Mk, Wako Suir Syam dan Ketua DPRD Kota Padang Panjang Drs. H. Hamidi Labai Sati. (*

Sumber :

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=13&jd=Pendidikan+Lalu+Lintas+Masuk+Kurikulum+Sekolah&dn=20090413210449

0 komentar:



Poskan Komentar

Leave a comment here...