Unpad Siapkan 40 Pelatihan bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

05 Februari 2009
Laporan oleh: Inge Suratmining

[Unpad.ac.id, 5/02] Demi meningkatkan koordinasi kegiatan kerja sama dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Universitas Padjadjaran (Unpad), Kantor Pembantu Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Unpad menyelenggarakan forum yang diikuti oleh para delegasi dari masing-masing fakultas. Kegiatan ini diselenggarakan di Executive Lounge Lt. 2, Gedung Rektorat Baru, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung, Kamis (5/02).

Delegasi fakultas berbicara dalam forum yang diselenggarakan PR Bidang Kerjasama dan Pengembangan SDM (Foto: Tedi Yusup)

Forum ini dipimpin oleh PR Bidang Kerjasama Prof. Dr. Tb. Zulrizka Iskandar, S.Psi., M.Sc., hadir pula Direktur Kerja Sama Unpad, Ramdan Panigoro, MD., M.Sc., Ph.D., dan Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia, Handarto SPT., M.Agr., Ph.D. “Dalam meningkatkan kerjasama, kami telah membuat rencana untuk tahun 2009/2010 dan diharapkan bisa tersampaikan ke semua fakultas. Untuk peningkatan SDM sendiri, Unpad sudah mengirimkan 50 orang dosen yang telah berhasil mendapatkan beasiswa dari Dikti tahun 2008 lalu,” ujar Ramdan.

Ramdan juga mengharapkan bahwa peserta yang hadir dalam forum tersebut dapat bertugas sebagai koordinator/liaison officer (LO) dari fakultasnya. Setiap LO diharapkan secara aktif dan berkesinambungan memfasilitasi kegiatan kerja sama dan pengembangan SDM berkoordinasi dengan kantor pusat.

Melalui kesempatan ini delegasi dari masing-masing fakultas memiliki kesempatan untuk bisa menyampaikan pemikirannya terkait bidang kerjasama yang akan, sedang, dan telah dilakukan. Seluruhnya sangat mendukung adanya forum komunikasi ini, karena melihat masih adanya kelemahan koordinasi urusan kerjasama, baik di tingkat fakultas sendiri maupun antara fakultas dengan universitas.

“Core business pendidikan tinggi adalah pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut semata-mata untuk menjadikan Unpad sebagai World Class University,” ujar Prof. Zulrizka seraya menjelaskan program pengembangan kerja sama dan SDM kepada peserta forum. Beliau juga menitikberatkan kepada pendidikan, join research, dan join publication untuk bisa mencapai kelas dunia.

Untuk pengembangan SDM, Handarto SPT., M.Agr., Ph.D., Mengatakan akan ada kurang lebih 40 pelatihan yang harus diselenggarakan, antara lain pelatihan budaya organisasi Unpad, bimbingan dan konseling, manajemen perguruan tinggi, dan lain-lain. “Saya memohon kepada Bapak dan Ibu sebagai wakil dari fakultas untuk bisa mempersiapkan peserta, karena kami di sini telah merancang beberapa pelatihan yang efektif,” tutur Handarto.

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos., M.Si juga memaparkan informasi terkait permohonan dari media massa yang seringkali membutuhkan referensi narasumber. Media massa sangat membutuhkan rekomendasi nama para pakar dari berbagai bidang ilmu yang ada di setiap fakultas. Ketersediaan nama narasumber keilmuan bagi para wartawan itu bisa menjadi salah satu ajang publikasi bagi Unpad. (eh)*

Sumber : http://www.unpad.ac.id/berita/unpad-siapkan-40-pelatihan-bagi-tenaga-kependidikan/



0 komentar:



Poskan Komentar

Leave a comment here...