Jalur Masuk PTN Terlalu Banyak, Tidak Adil!

Kamis, 28 Mei 2009 | 11:47 WIB

Laporan wartawan KOMPAS Ester Lince Napitupulu

JAKARTA, KOMPAS.COM — Penyelenggaraan ujian masuk bersama (UMB) hanya salah satu cara yang dipilih PTN untuk mendapatkan mahasiswa baru. Jalur masuk lainnya secara mandiri juga dilakukan oleh setiap PTN.

Universitas Indonesia, misalnya, tahun ini kembali membuka jalur masuk Seleksi Masuk (Simak) UI yang sudah selesai dilakukan. Biaya kuliah S-1 reguler sama seperti mahasiswa baru yang diterima lewat jalur UMB dan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi ini lebih mengandalkan seleksi mandiri dengan variasi pembayaran uang kuliah dari nol rupiah untuk mahasiswa tidak mampu hingga ratusan juta rupiah bagi mahasiswa yang mampu secara ekonomi.

Ade Irawan dari Koalisi Pendidikan mengatakan, banyaknya jalur masuk PTN tersebut menimbulkan ketidakadilan bagi masyarakat, khususnya dari keluarga tidak mampu.

Pendidikan di PTN pun akhirnya terbuka luas buat mahasiswa dari keluarga mampu karena mereka punya kesempatan untuk berkali-kali ikut tes masuk, dari yang berbiaya mahal lewat jalur mandiri hingga jalur "ekonomi", seperti UMB dan SNMPTN.

Sumber :

http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/05/28/11472756/jalur.masuk.ptn.terlalu.banyak.tidak.adil...

0 komentar:



Poskan Komentar

Leave a comment here...