Usulan solusi pendidikan Indonesia: uang “money politics” para politisi diprioritaskan untuk bantuan pendidikan

Usulan solusi pendidikan Indonesia: uang “money politics” para politisi diprioritaskan untuk bantuan pendidikan 

21 February 2009 • 11:48
Ini hanya sekedar usulan. Mungkin bisa dibilang ide nyeleneh. Tapi gak apa-apa daripada tidak punya ide. Saya membayangkan, berapa dana yang berkeliaran di Indonesia ketika masa-masa pemilu seperti saat ini. Saya mengasumsikan, katakanlah dalam 1 kabupaten itu terdapat 44 partai yang ikut mencalonkan calonnya. Tiap 1 partai menaruh minimal 4 calon untuk DPRD tingkat II. Sedangkan, tiap 1 calon menghabiskan dana untuk pencalonannya rata-rata Rp 500 juta. Maka untuk tiap DPRD tingkat Kabupaten saja akan didapatkan dana sekitar: Rp 88 Miliar!

Itu dana yang efektifitasnya tidak 50% akan menjadikan seorang calon legislatif jadi terpilih. Dana itu selain untuk pendanaan seluruh jenis publikasi (banner, baliho, kartunama, pamflet dsb), juga ada yang dialokasikan untuk dibagi-bagikan gratis ke pemilih, yah, semacam money politics gitu.
Pertanyaannya, apakah tidak akan lebih bermanfaat bagi masyarakat langsung jika dana tersebut dialokasikan saja ke sekolah-sekolah tersebut. Lalu, berapa dana untuk tingkat DPRD tingkat I dan DPR RI? Akan ada berapa dana yang mubazdir? Silahkan bayangkan! Lalu, jika diasumsikan untuk operasional 1 sekolah dasar itu membutuhkan sekitar Rp 500 juta dalam setahun, maka dana Rp 88 Miliar tersebut akan bisa menghidupi 176 sekolah. Nah, 1 kabupaten itu ada berapa sekolah?

Ini dibandingkan hanya untuk kepentingan sesaat yang tidak jelas dan nantinya jika seorang politikus terpilih maka hanya akan menggerogoti rakyat lagi? Bahkan rakyatlah yang kebanyakan menjadi korban mereka.
Mungkin, jika cara para politikus tersebut jitu, bisa saja dia ancang-ancang jauh-jauh hari, cara berkampanyenya lewat membantu sekolah-sekolah yang “hidup susah mati tak mau” di daerah pemilihan mereka? Yah, itung-itung sedekahlah. Tidakkah ini akan membantu merealisasikan pendidikan gratis yang diimpikan oleh bangsa Indonesia?

Ah, mungkin ini ide gila, mungkin hanya akan jadi pepesan kosong belaka. Hehe… Tapi bagaimana menurut Anda? –misbah munir–


Sumber :

http://mishbahulmunir.wordpress.com/2009/02/21/usulan-solusi-pendidikan-indonesia-uang-money-politics-para-politisi-diprioritaskan-untuk-bantuan-pendidikan/


0 komentar:



Poskan Komentar

Leave a comment here...